Selasa, 30 November 2010

Tertawa, Senam Jantung Sehat (^_^)

Bagi kita kaum muda, pastinya seneng menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh dunk. nah, ternyata ada satu lagi nih yang bisa bikin kita sehat juga lho. Simpel banget, cuma tertawa aja. Jika pengen sehat, mungkin dokter akan menuliskan resep untuk tertawa 1 x 15 menit setiap hari. Disini ada sebuah studi menunjukkan, tertawa bisa meningkatkan peredaran darah yang nantinya jika dilakukan secara rutin bisa menjadi pelindung dari penyakit jantung yang ampuh. Tidak percaya? Tapi ini bener lho.

Para peneliti dari Maryland Medical Center meminta 20 orang dewasa yang sehat untuk menonton adegan dari dua film yang berbeda, satu film komedi dan yang satu lagi film peperangan. Saat mereka menonton, para peneliti memantau kerja fungsi arteri mereka. Seusai menyaksikan video yang lucu, pembuluh darah para relawan melebar sebesar 22 persen dan menyempit 35 persen setelah melihat adegan peperangan. Pelebaran akan membuat darah mengalir melalui pembuluh darah tanpa rasa nyeri serta membuat jantung dan arteri berkontraksi. “Ini juga yang terjadi ketika kita melakukan latihan aerobik,” ujar Michael Miller, MD, salah satu peneliti.

Tertawa bisa memicu pelepasan oksida nitrat, yaitu senyawa yang akan membuat rileks sel-sel darah,” tambah Miller. Plus, senyawa ini juga akan melepaskan endorfin, hormon yang bertugas memperbaiki pembuluh darah. Saran dari Miller, sediakan waktu setidaknya 15 menit untuk tertawa benar-benar setiap hari. Salah satu contohnya ya menertawakan diri sendiri aja, karena dengan begitu kita juga akan melihat kedalam diri kita. Ternyata kita lucu juga (hehehe)

Ada lagi ni yang ga kalah serunya mengenai tertawa,
Dalam penelitian mengenai efek tertawa, para ahli menemukan bahwa tertawa lebar, hingga menghasilkan suara "ha ha ha", memiliki efek "menular". Michael Owen dari Georgia State University dan Tobias Riede dari University of Utah, keduanya peneliti tawa, melakukan perbandingan antara efek tertawa lebar dengan tawa yang dilakukan dengan mulut tertutup atau setengah terbuka. Secara umum, makin kuat getaran dan vokal dalam suara tawa, makin kuat efek "penularannya" untuk membuat orang lain yang mendengarnya untuk ikut tertawa. 

Para ahli menduga, ketika mendengarkan suara tawa terbahak-bahak, imajinasi orang yang mendengarnya ikut terbawa dan membayangkan hal-hal yang lucu sehingga terpancing untuk tertawa. Hal ini disebut juga gairah untuk tertawa.

Jadi kalau mau nularin ketawa ma orang yang sedang sedih ya tertawa terbahak-bahak
tapi hati-hati lho, jangan ntar dikirain kita menertawakan dia. Semua yang kita lakukan kalo memang itu baik, maka positively akan kembali pada kita.
Keceriaan dalam tawa akan selalu membawa kebahagiaan tak terhingga untuk kita.
Jadi selama tertawa belum minta bayaran ya silakan tertawa aja
ha..ha..ha..

analisis: kompas.com Tertawa, Olahraga untuk Jantung
Selasa, 30 November 2010 | 14:48 WIB

2 komentar:

  1. hahahha.... (memulai comment dengan tertawa)...

    tertawa itu sehat asal kita tahu situasi dan kondisinya yah... jangan membuat orang lain tersinggung.. kayaknya di lingkungan kita pada periang semua dan hobi tertawa deh.. heheh... mari kita tularkan budaya tertawa....

    BalasHapus
  2. good2..dengan hanya tertawa bisa membuat jantung kita sehat. Gratis lagi..

    BalasHapus

arigato gozaimasu